SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018

SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018 - Hallo sahabat Kabar Sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Pendidikan, Artikel CPNS, Artikel Dapodik, Artikel Guru, Artikel Info CPNS, Artikel Lowongan Kerja, Artikel Operator Sekolah, Artikel Tunjangan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018

Beritapgri.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dan selamat datang disitus beritapgri.com yang pada kesempatan kali ini akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,,

Model soal Ujian Nasional (UN) 2018 bisa berubah dari pilihan ganda jadi esai. Pertimbanganya, hal itu akan menambah kualitas soal UN.



Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Kemendikbud Totok Suprayitno yang menyatakan model UN 2018 akan diperbaiki lebih baik dari tahun ini.  "Kualitas soal UN akan ditingkatkan, lebih ke berpikir kritis (esai). Soal pilihan ganda dikurangi. Essai kemungkinan besar juga bisa dipakai dalam UN, bukan hanya USBN (ujian sekolah berstandar nasional)," ujar Totok.

Ia menjelaskan, pada jenjang pendidikan menengah, UN 2017 diikuti oleh 1.312.023 siswa dari 12.501 SMK, serta 2.301.176 siswa dari 20.512 SMA/MA/sederajat. Untuk jenjang SMK, 1,176 juta siswa (90%) dilayani dengan komputer (UNBK), sementara pada jenjang SMA/MA 1,145 juta siswa (60%) dilayani dengan UNBK. "Sisanya mengikuti ujian berbasis kertas dan pensil," katanya.

Pada jenjang SMK, Provinsi Bangka-Belitung, DKI, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan telah 100% menggunakan UNBK. Sementara pada jenjang SMA/MA, Provinsi Bangka-Belitung, DKI, dan DIY telah 100% menggunakan UNBK. Pelaksanaan UN melibatkan tidak kurang dari 800.000 guru sebagai pengawas dan 300.000 proktor dari seluruh sekolah/madrasah yang mengikuti UN. 

"Laporan kebocoran soal UN dan kecurangan jauh berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Gangguan teknis pelaksanaan UNBK seperti listrik padam, gangguan koneksi internet, kerusakan server/komputer di sekolah, semuanya dapat diatasi baik oleh tim teknis di provinsi maupun oleh tim Posko UNBK pusat," ujarnya.


Nilai turun
Niai Ujian Nasional yang diselenggarakan 2017 turun dari tahun lalu. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai pelaksanaan UN berhasil.

Indikatornya, integritas pelaksanaan Ujian Nasional 2017 meningkat 3,4 poin dari tahun lalu. Hal tersebut terjadi karena sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) meningkat 760%. Kendati demikian, dari total 98.000 satuan pendidikan jenjang SMP/SMA/SMK sederajat yang menyelenggarakan UN, sebanyak 51% sekolah masih menyelenggarakan UN dengan berbasis kertas pensil.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengklaim, UNBK berhasil memetakan kualitas sekolah lebih presisi. Pasalnya, siswa tak mungkin bisa melakukan kecurangan. Menurut dia, sekolah yang tahun lalu berpredikat integritas rendah tetapi siswanya memiliki nilai UN tinggi banyak yang mulai menerapkan UNBK. 

"Nilai UN nya jadi menurun. Ya itu dilema memang. Kalau mau jujur ya nilainya jadi terkoreksi turun. Tapi setidaknya siswa tidak lagi melakukan kecurangan. Saya terus mengingatkan kepada kepala sekolah, ajak siswa berbuat jujur walaupun nilainya turun," ucap Muhadjir dalam acara evaluasi UN 2017, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat, 12 Mei 2017.

Peserta UNBK tahun ini meningkat 400% dengan melibatkan sebanyak 3.731.099 siswa. Total peserta UN sebanyak 7.7 juta siswa. Muhadjir menuturkan, secara teknis, pelaksanaan UN tahun ini tidak mengalami banyak kendala, termasuk  kebocoran soal. "Hanya kendala aliran listrik padam dan jaringan internet yang lambat. Tapi tidak sampai membuat UN menjadi hiruk pikuk. Ketimbang tahun lalu, tahun ini jauh lebih lancar," katanya.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengaku keterbatasan infratruktur masih jadi kendala. Ia mengatakan, pada tahun depan pemerintah mengusahakan untuk menggelar 100% UNBK. "Tapi untuk jenjang SMP/SMA/SMK saja. Kalau madrasah dan yang sederajat lainnya itu ada di bawah kewenangan Kementerian Agama," ujar Hamid.

Sumber : pikiran-rakyat

Demikian informasi yang dapat beritapgri.com berikan, yang kami lansir dari pikiran-rakyat, semoga ada manfaatnya untuk kita semua.................



Demikianlah Artikel SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018

Sekianlah artikel SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018 dengan alamat link https://kabarsekolahterbaru.blogspot.com/2017/05/soal-un-berubah-ini-dia-model-soal.html

0 Response to "SOAL UN BERUBAH ! INI DIA MODEL SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2018"

Post a Comment