KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS

KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS - Hallo sahabat Kabar Sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Pendidikan, Artikel CPNS, Artikel Dapodik, Artikel Info PNS, Artikel Lowongan Kerja, Artikel Operator Sekolah, Artikel Tunjangan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS

SUARAPGRI - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sedang mengkaji revisi kurikulum kuliah keguruan. Diantaranya akan menghapus kuliah praktik mengajar atau PPL (praktik pengalaman lapangan).
Koordinator penyiapan program pendidikan profesi guru (PPG) Kemenristekdikti Muchlas Samani mengatakan, ada beberapa alasan dalam menghapus kuliah praktik mengajar di pendidikan sarjana. Diantaranya adalah memaksimalkan materi praktik mengajar saat di program PPG.


’’Kalau di program sarjana ada praktik mengajar, kemudian di PPG ada praktik mengajar, bisa disebut mengulang-ulang,’’ jelas mantan rektor Unesa itu.
Akhirnya supaya tidak ada kesan pengulangan materi pelajaran, pemerintah akan merevisi kurikulum sarjana keguruan.

Muchlas menjelaskan selama empat tahun kuliah keguruan, mahasiswa tetap ada waktu ke sekolah. Tetapi bukan dalam rangka praktik mengajar. Tetapi untuk mata kuliah lainnya.
Seperti menganalisa psikologi pembelajaran atau sejenisnya. Mahasiswa keguruan juga bisa ke sekolah misalnya untuk riset pendukung skripsi.

Aturan baru yang berupa penghapusan kuliah praktik mengajar akan berlaku jika program PPG sudah resmi berjalan. Rencananya program PPG mulai digulirkan Agustus nanti.
Saat ini masih dibuka tahap pendaftaran sampai 18 Mei nanti. Kuota yang disiapkan mencapai 7.000 kursi.

Pengamat pendidikan Jejen Musfah itu mengatakan, ada dampak besar ketika kuliah praktik mengajar itu dihapus.
’Biasanya pemerintah trial and error. Kuliah praktik mengajar itu adalah kekhasan dari kuliah keguruan,’’ ujar Ketua Program Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah itu.

Dia khawatir jika kuliah praktik mengajar itu dihapus, sudah tidak ada lagi kekhasan dalam pendidikan sarjana keguruan.
Lantas nanti apa bedanya kuliah keguruan matematika dengan kuliah matematika di Fakultas MIPA. Atau kuliah keguruan bahasa Inggris dengan kuliah bahasa Inggris di Fakultas Sastra.

’Guyonan di kami, kalangan dosen keguruan, lama-lama FKIP (fakultas keguruan dan ilmu pendidikan) akan menghilang,’’ jelasnya.
Jejen berharap pemerintah mempertimbangkan rencana penghapusan kuliah praktik mengajar itu. Sebab tidak semua sarjana keguruan akan tertampung dalam program PPG.

Saat ini kuota PPG yang dipatok 7.000 orang, jauh lebih kecil dibanding sarjana lulusan FKIP seluruh Indonesia. (sumber: jpnn.com)



Demikianlah Artikel KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS

Sekianlah artikel KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS dengan alamat link https://kabarsekolahterbaru.blogspot.com/2017/05/kemenristekdikti-revisi-kurikulum.html

0 Response to "KEMENRISTEKDIKTI REVISI KURIKULUM KULIAH KEGURUAN, KULIAH PRAKTIK MENGAJAR / PPL AKAN DIHAPUS"

Post a Comment