MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN

MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN - Hallo sahabat Kabar Sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Pendidikan, Artikel CPNS, Artikel Dapodik, Artikel Info PNS, Artikel Lowongan Kerja, Artikel Operator Sekolah, Artikel Tunjangan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN

SUARAPGRI.COMPeringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei mendatang menjadi momentum untuk mengingatkan kembali tentang kedudukan guru di masyarakat. Selama ini, menurut Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid, guru hanya dilihat dari sebatas mengajar. 

Lupa kalau guru punya kedudukan sosial di masyarakat.


"Guru adalah sentral, sekarang ini posisinya direduksi. Padahal guru perannya tidak hanya di kelas tetapi juga di luar. Pendidikan Indonesia dimulai saat guru menempati kedudukan yang tinggi," jelas Hilmar di Kantor Kemendikbud, Jumat (28/4).

Dengan adanya program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), lanjutnya, peran guru semakin ditonjolkan. Guru tidak dituntut untuk menambah jumlah mata pelajaran, akan tetapi memperkuat dimensi kebudayaan yang kurang terangkat dari pendidikan.

"Pendidikan karakter yang mengharuskan guru dan siswa di sekolah delapan jam, bukan berarti jumlah mata pelajarannya ditambah. Yang ditambah justru ruang cultural. Siswa akan diajak ke museum, belajar tari, menyanyi, belajar musik, dan lainnya," tuturnya.

Dengan demikian posisi guru lebih terangkat, tidak hanya sebatas mengajar tetapi juga berperan di sosial budaya. Hal inilah yang membuat Kemendikbud mengangkat tema Hardiknas 2017, Merayakan Guru Bangsa: Guru Mulia karena Karya.

"Di puncak acara nanti kami akan memberikan penghargaan kepada tujuh guru yang karena dedikasinya mengabdi di daerah perbatasan. Mereka mengabdi di Pulo Aceh, Pulau Rote, Anambas, Batang, Pulau Talibu, Balikpapan, Batang Alai Timur," pungkasnya.

Hilmar juga menambahkan, penghargaan tersebut diberikan bukan karena prestasi gurunya, akan tetapi melihat pengabdiannya. Meski tempat mengajarnya di pelosok-pelosok, tapi para guru ini tetap setia melaksanakan tugasnya. (jpnn.com)




Demikianlah Artikel MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN

Sekianlah artikel MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN dengan alamat link https://kabarsekolahterbaru.blogspot.com/2017/04/menjelang-hari-pendidikan-nasional.html

0 Response to "MENJELANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS), SAATNYA KEDUDUKAN GURU DIKEMBALIKAN"

Post a Comment