Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking?

Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking? - Hallo sahabat Kabar Sekolah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Pendidikan, Artikel CPNS, Artikel Dapodik, Artikel Lowongan Kerja, Artikel Operator Sekolah, Artikel Tujangan, Artikel Unduhan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking?

BERITAPNS.COM--Tingkat kelulusan SKD CPNS 2018 sangat rendah. Hanya 9% secara nasional, hal ini menjadi perhatian BKN dan hari ini akan dilakukan rapat evaluasi bersama Panselnas diharapkan nanti ada solusi semisal diturunkan Pasing Grade atau di Rangking.


Badan Kepegawaian Nasional (BKN), masih melakukan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Di mana para peserta tersebut, harus bisa mendapat nilai memuaskan pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan, mengatakan, bahwa saat ini, secara nasional peserta tes SKD CPNS banyak kesulitan pada soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Secara nasional memang tingkat kelulusan sangat rendah, mencapai 9%. Siang ini akan ada rapat evaluasi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Semoga ada kabar bagus," katanya kepada Okezone, Rabu (7/11/2018).

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut angka peserta yang memenuhi batas nilai minimal atau passing grade seleksi kompetensi bidang (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih rendah.

Data sementara pelamar yang memenuhi passing grade baru 9%. Setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal yang terdiri atas soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Passing grade bagi peserta SKD 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK.

Tes Kepribadian Jadi Penyebab Utama Gugurnya Peserta CPNS 2018

Peserta CPNS 2018 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) usai melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lokasi tes Makassar, Sabtu, 27 Oktober 2018. Menurut pengakuan sejumlah peserta seleksi, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah bagian tersulit dikerjakan.

Yanneri Andreas Panjaitan, salah satu peserta Tes SKD Kementerian PANRB mengatakan dirinya sangat kecewa karena nilai passing grade-nya gagal dengan selisih hanya satu poin di TKP.

"Hanya kurang satu poin saja. Memang tesnya cukup sulit. Apalagi Tes Karakteristik Pribadi," ujarnya, seperti dikutip dari laman Kementerian PANRB.

Ada tiga passing grade yang ditentukan BKN, yakni TKP minimal 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) minimal 75.

Yanneri mengatakan, dirinya tidak menyangka jika TKP menjadi tes yang sulit pada tahun ini. "Saat kita mengerjakan TKP sangat susah, saya kira TWK dan TIU yang susah ternyata TKP," ungkapnya.

Sama seperti Yanneri, Resqiyati Najib mengatakan pasrah dengan hasil tes CAT yang baru dilaluinya. "Saya tidak nyampe passing grade. TWK dan TIU yang saya kira susah ternyata lulus, tapi TKP jeblok," ungkapnya.

Ia juga menilai, dengan sistem CAT ini sangat baik serta transparan jika dibandingkan dengan tes CPNS terdahulu yang masih manual menggunakan kertas.

"Dengan menggunakan Sistem CAT, penyelenggaraan CPNS menjadi sangatlah ketat, dan sangat transparan. Nilai yang dihasilkan langsung dapat dilihat ketika peserta selesai ujian," tambahnya.

sumber : okezone.com dan Liputan6.com

Semoga saja ada kabar bagus dari evaluasi ini karena yang lulus sangat sedikit akibat tidak memenuhi Passing Grade CPNS 2018.


Demikianlah Artikel Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking?

Sekianlah artikel Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking? dengan alamat link https://kabarsekolahterbaru.blogspot.com/2018/11/hasil-skd-cpns-2018-hanya-9-yang-lolos.html

0 Response to "Hasil SKD CPNS 2018 Hanya 9% yang Lolos, BKN: Kita Akan Evaluasi, Kemungkinan Dirangking?"

Post a Comment